Kunjungan YGI ke anak-anak asuh di Solor, Nusa Tenggara Timur

Dear member Gabriel,

Berikut ini laporan kunjungan kami ke Solor, NTT, untuk bertemu anak asuh di sana.
Di sela-sela perjalanan mengikuti Semana Santa di Larantuka – Flores Timur, kami sempatkan mengunjungi anak asuh YGI di Pulau Solor.

Romo Manzbed Elam, Pr atau biasa dipanggil Rm Mans, selaku penanggung jawab anak-anak asuh SD Katolik dan SD Inpres Kalike, Solor, menjemput kami di Larantuka dan kemudian bersama-sama kami menyeberang ke Pulau Solor dengan kapal, kurang lebih 45 menit perjalanan.

Sampai di Solor, Romo Mans dan kepala sekolah SD Inpres dengan motornya mengantar kami ke parokinya dan kemudian ke sekolah.

Sepanjang perjalanan yang tampak bukit-bukit hijau berbatu-batu dan sesekali diselingi oleh ladang jagung. Memang mata pencaharian warga Solor adalah berladang yang sungguh sangat bergantung pada hujan. Dan hasil yang mereka dapat dari berkebun itu hanya cukup untuk dikonsumsi keluarga sendiri. Itulah sebabnya mereka rata-rata masih hidup dalam garis kemiskinan dan perlu bantuan untuk menyekolahkan anak-anaknya. Demikian penjelasan yang kami dapat selama perjalanan.

Sampai di sekolah, rupanya anak-anak asuh dan orangtuanya serta beberapa guru sudah berkumpul untuk menyambut kami. Walaupun saat itu libur menyambut Paskah, namun mereka semua menyempatkan hadir.

Acara dibuka dengan beberapa sambutan dan penjelasan. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah beserta tanya jawab. Disampaikan bahwa mereka sungguh sangat terbantu dengan adanya program anak asuh Gabriel dan berterima kasih pada semua donatur karena boleh menerimanya serta berharap bahwa program ini bisa terus berlanjut sekalipun anak-anak sudah lulus dari SD.

Kepala sekolah SD Katolik juga mengajak berkeliling kelas, menunjukkan kondisi ruangan yang beberapa di antaranya perlu perbaikan namun belum ada dananya.
Sedangkan untuk SD Inpres, mereka kekurangan tenaga guru yang bersedia mengajar di sana, sehingga yang seharusnya anak-anak bisa sekolah gratis namun harus menyediakan biaya untuk menggaji guru honorer.

Acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari dua belah pihak dan foto bersama. Demikian sekilas laporan pertemuan dengan anak asuh YGI di Solor.

Terima kasih pada Romo Mans selaku penanggung jawab yang sudah mengatur acara pertemuan ini di sela-sela kesibukan perayaan Paskah.

Semoga Tuhan yang bangkit menyertai serta membimbing karya pelayanan kita semua 🙏

Salam kasih,

Cecil Damayanti

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.